SIAP BERADAPTASI SITUASI KEHIDUPAN NEW NORMAL/KEBARUAN.

Assalamualaikum wr wb.
 Salam Jumpa saudara dan Sahabat yang budiman, semoga kita semua dalam lindungan dan bimbingan Allah terhindar dari berbagai wabah dan musibah yang sedang melanda Negeri kita ini. Mudah mudahan Negeri ini kembali menjadi negeri yang aman sentosa sejahtera masyarakatnya, disituasi yang baru dengan pola hidup yang baru kebiasaan yang baru kesadaran baru menuju masa depan baru.
Mencuci tangan praktis
Mencuci dengan air sumur
  Kalau kita sadari pola hidup baru yang bahasa populernya New Normal tersebut bukan hal yang baru kita kenal atau tidak kita kenal sama sekali.Itu semua adalah hal yang hampir tiap hari kita kerjakan akan tetapi pelaksanaanya kita remehkan terkadang kita abaikan bahkan kita tinggalkan seperti tidak ada gunanya pada kehidupan kita. Hanya orang orang tertentu yang benar benar menjalankan pola hidup seperti itu.Pada dasarnya Protokol Kesehatan yang diterapkan Pemerintah sudah diberlakukan sejak lama sebelum Covid 19 melanda Dunia dan Indonesia. Pemerintah sudah mengkampanyekan PHBS ( Pola Hidup Bersih dan Sehat).Salah satu  kegiatan yang ada di PHBS adalah selalu mencuci tangan setiap akan melakukan kegiatan,menjaga kebersihan Lingkungan dirumah maupun dikantor, menjalankan etika batuk dan ketika bersin.Tidak buang air kecil dan besar sembarangan, Ventilasi rumah juga harus memenuhi syarat agar sinar matahari bisa masuk kedalam rumah sehingga rumah tidak lembab.Ketika ada difasilitas umum harus menerapkan budaya antri sabar menunggu giliran agar tercipta suasana yang tertip teratur tidak terkesan berdesak desakan yang mempengaruhi pelayanan kurang nyaman. Semua kebiasaan kebiasaan itu sebenarnya bukan hal yang asing bagi kita untuk melaksanakanya,hanya saja belum dilakukan dengan kesadaran dan keikhlasan bahwa semua itu adalah sebagai kebutuhan hidup bukan sekedar menggugurkan kwajiban untuk mentaati peraturan. Setelah masa Pandemi covid 19 mereda itu bukan berarti covid sudah berakhir dan kita terbebas dari ancaman penularan virus corona melainkan kita harus lebih berhati hati dan meningkatkan kwalitas Prilaku Hidup Bersih dan Sehat. Protokol Kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah dalam menanggulangi Covid 19 selalu dilakukan dalam setiap kegiatan.Baik kegiatan Resmi maupun tidak Resmi,Kedinasan maupun Pribadi juga kegiatan Sosial dan kegiatan Keagamaan. 
    Protokol Kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah untuk semua Masyarakat dalam menangkal dan mencegah virus corona yang efektif dan bisa dilakukan oleh masyarakat antara lain:
     1.Melakukan cuci tangan selama 20 
         detik setiap akan melakukan kegiatan di tempat tempat umum.
Untuk cuci  tangan ini dilembaga Pemerintah dan Lembaga Swasta,Pasar,Pertokoan,lembaga Pendidikan disiapkan tempat cuci tangan dengan air dan Sabun. Ada juga yang pakai cairan Hand Sanitazer yang praktis bisa dibawa kemana mana. 
     2.Selalu memakai Masker dan Pelindung diri bila keluar rumah. Dan memakai APD bagi yang melayani masyarakat umum.Untuk pemakaian masker diharuskan tanpa pengecualian baik yang sehat maupun yang lagi sakit. Kalau sebelum ada wabah corona pemakaian masker memang sudah dianjurkan tapi sedikit orang yang memakai masker, kebanyakan yang memakai ada ditempat tempat tertentu seperti di Rumah Sakit,Perusahaan perusahaan yang menimbulkan polusi udara. Tapi dimasa Pandemi dan masa Kenormalan Baru atau New Normal memakai Masker wajib dipakai oleh masyarakat tanpa kecuali dalam situasi dan kondisi kapan saja dan dimana saja, dalam acara Resmi maupun bukan, 
      3.Selalu menjaga jarak aman dengan orang lain dan menghindari kerumunan orang banyak.Untuk yang ini memang perlu memerlukan kesadaran dan Kedisiplinan yang tinggi dari masyarakat. Masih segar dipikiran bahwa kita baru saja melewati Hari Raya Idul Fitri kali ini dalam masa Pandemi Covid.Tapi tidak mengurangi makna dan hikmah Lebaran tahun ini kami semua bisa merayakan Lebaran dengan suasana yang baru dan berbeda dari lebaran yang lalu. Kalau saya menyebutnya New Lebaran atau Lebaran Baru.Bagaimana tidak baru kita biasanya Takbir keliling kampung,tapi kita laksanakan Takbir dirumah,Sholad Idul Fitri juga menerapkan protokol kesehatan,setelah sholad Idul Fitri biasanya dengan saudara dan tetangga beranjang sana dan bersalam salaman saling memaafkan secara langsung.Tapi kali ini kita hanya bisa mengucapkan lewat ucapan melalui Handpon,WA,IG dan Facebook,tapi tidak mengurangi rasa kebahagiaan merayakan Lebaran.
   Mari kita semua untuk bersiap beradaptasi dalam Kenormalan Baru mengikuti menjalankan Protokol Kesehatan yang  sebetulnya pola hidup dalam New Normal itu tidak jauh berbeda dengan kehidupan yang lalu. Tinggal kita perlu kepatuhan dan kesungguhan, keseriusan juga kedisiplinan dalam manjalankan pola hidup New Normal. 
     Semoga pola hidup New Normal membawa keberkahan bagi kita semua kesejahteran kedamaian dan harapan kebahahiaan yang baru
Pakai Masker dimana dan kapan saja
     Demikian yang bisa kami tuliskan apabila ada kurang lebihnya kami mohon maaf semoga bermanfaat. 
Selalu Berkarya dan Berbagi. 
Wassalamualikum wr w

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fenomena,MUDIK,MACET tapi ASYIK

KESATRIA TNI AU DI ATAS LANGIT PANDANWANGI