Suka dan Duka Seorang Guru TK dari Kaum Adam...

       Kita dilahirkan menjadi kaum adam atau kaum hawa bukanlah pilihan tapi itu sudah suratan. Termasuk kita menjadi pendidik adalah suratan atau takdir. Hanya orang2 yang terpangil dan terpilihlah akan menjadi seorang pendidik tak terkecuali sebagai guru apalagi sebagai guru TK.Profesi guru adalah sama dari jenjang terendah sampai jenjang tertingi, dari yang formal atau non formal,Pendididikan umum atau agama hanya satu tugas pokoknya adalah Mengajar, membimbing dan mendidik. Khusus untuk guru dikenjang paling rendah yaitu Paud formal TK memang membutuhkan ketrampilan yg lebih karena yg dihadapi adalah anak usia dini. Biasanya yg mempunyai ketrampilan dan ketlatenan dan kesabaran adalah kaum hawa atau Ibu.

       Tapi ini luar biasa apabila ada kaum Adam yg menekuni profesi sebagai guru Paud TK karena kaum adam ini kebanyakan kurang memiliki ketlatenan dan kesabaran sebagai seorang guru TK. Pernah kita berbincang dengan seseorang kaum hawa yg seprofesi ketika dia menanyakan tugas di sekolah mana? Betapa terkejutnya dia dengan jawaban saya,karena saya dengan percaya diri memjawab saya seorang guru TK. Entah apa yg dipikirkan guru perempuan itu ketika saya menyebutkan guru TK.Herankah tidak percayakah ada guru TK dari kaum adam.
       Itulah pengalaman suka duka seorang guru TK dari kaum adam miskipun kita tergolong minoritas dari jumlah kebanyakan guru TK adalah perempuan. Tapi kita tidak kalah hebatnya dengan guru perempuan.kita bisa sama sama melayani kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Yang membedakan adalah gender kita dan sebutan dari siswa kita yaitu sebutan BUNDA dan Sebutan PANDA.

Komentar

  1. Terkesima aku membacanya
    Aku seorang kaum hawa yang seprofesi sama dengan anda
    Aku juga jadi pendamping seorang kaum adam yg pernah mengemban tugas sebagai seorang guru PAUDTK .
    Semoga kita selalu menjadi yang terbaik untuk anak anak didik kita( PAUD TK ) selain juga menjadi Ortu yg baik untuk anak anak kita sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fenomena,MUDIK,MACET tapi ASYIK

SIAP BERADAPTASI SITUASI KEHIDUPAN NEW NORMAL/KEBARUAN.

KESATRIA TNI AU DI ATAS LANGIT PANDANWANGI