PEMUDA JADI PENGGERAK,TUMPUAN DAN HARAPAN BANGSA

 Assalamualaikum wr wb.
  Pembaca yang budiman berjumpa lagi dengan penulis di blog,saya berharap kita semua masih dalam lindungan Allah Swt.tetap sehat bersama keluarga.Pada edisi ini penulis mengangkat peran Pemuda dari Masa Ke Masa bagi Bangsa
Patih Gajah Mada
 Sejarah pernah mencatat seorang pemuda yang gagah berani cerdas juga cerdik bahkan sakti mandra guna pemuda itu yang terkenal dengan nama Maha Patih Gajah Mada. Beliau adalah seorang yang sangat disegani oleh lawan juga kawan karena kepandaiannya.Tak heran bila Kerajaan Majapahit pada waktu itu tersohor di seluruh nusantara dan manca negara.Ditakuti oleh kerajaan kecil dan dihormati oleh Kerajaan besar ini berkat ketanguhan seorang Maha Patih Gajah Mada. Sang Raja sangat bangga kepada Patih karena kerajaanya bisa berjaya dan bisa menguasai nusantara bahkan sampai kewilayah daratan cina. Beliau mempunyai cita cita yang sangat besar dan mulia yaitu menyatukan wilayah nusantara.Kerajaan kerajaan kecil dinusantara akan ditaklukan dibawa kekuasan dan penguasaan Kerajaan Majapahit.Sehingga tidak ada lagi kerajaan kecil yang saling serang dan berebut wilayah dan kekuasaan. 
      Kalau kerajaan kecil kecil di nusantara bisa dikuasai semua tidak ada kerajaan saling serang dan berperang. Sehingga kehidupan masyarakat dikerajaan kecil kecil aman dan damai.Untuk mewujdkan cita cita menyatukan nusantara tidak muda harus butuh waktu dan kerja keras bahkan pengorbanan harta dan jiwa. 
Untuk mewujudkan cita citanya itu Patih Gajah Mada bersumpah"Tidak akan makan buah kelapa sebelum nusantara bersatu dibawah kekuasaan Majapahit"
Sumpah sang Maha Patih itu terkenal dengan nama" Sumpah Palapa"

Memperingati Hari Kemerdekaan


Pemuda pejuang Kemerdekaan
Pada jaman Pergerakan mencapai kemerdekaan sekitar abad XIX pemuda pemuda jaman itu juga mempunyai cita cita untuk merdeka dari penjajah bangsa asing, bebas dari segala penindasan perampasan hak hak asasi yang pernah dimiliki oleh nenek moyang kita dulu. Oleh sebab itu pemuda pemuda pada masa jaman itu selalu bertukar pikiran menumbuhkan rasa nasionalis dan persatuan bangsa. Para pemuda pelajar baik didalam negri dan luar negri selalu berkomonikasi berdikusi bagaimana caranya bebas dari kaum penjajah. Dibawa tekanan dan berbagai ancaman dari penjajah tidak menyurutkan cita cita para pemuda waktu itu. 
     Pada tahun 1908 diprakarsai pemuda pemuda di surabaya mendirikan perserikatan atau perkumpulan para pemuda yang diberi nama Perkumpulan Budi Utomo. Tujuanya menumbuhkan rasa persatuan dan cinta bangsa.Seiring berjalanya waktu mencapai puncaknya terjadilah peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa dan negara. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 berkumpulah para pemuda untuk mengucapakan ikrar sumpah janji pemuda pemudi seluruh nusantara untuk persatuan bangsa Indonesia. 
     Sumpah ikrar para pemuda itu terkenal dalam sejarah bangsa indonesia dengan nama Sumpah Pemuda. 
 Sumpah janji atau ikrar para pemuda adalah. 
   "Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku"
 Bertanah Air  Yang Satu Tanah Air Indonesia.
 Berbangsa Yang Satu Bangsa Indonesia
 Berbahasa yang Satu Bahasa Indonesia
Di hari itu juga diperkenalkan atau dinyanyikan lagu Indonesia Raya yang petama kali. Yang sekarang menjadi lagu kebangsaan Indonesia. 
Prestasi bidang Olah Raga
Pemuda jaman sekarang tinggal mengisi kemerdekaan dengan menunjukan pengetahuan dan ketrampilan serta prestasi di berbagai bidang.Semua mempunyai kesempatan yang sama sesuai bakat dan minat masing masing,bisa dibidang Ilmu pengetahuan.Pemerintahan,Kesehatan,Politik,Olah raga dan bidang bidang lain.
  Bagi pemuda dan pemudi sekarang mari kita ambil makna dari sumpah pemuda yang diucapkan pemuda waktu dulu. Pemikiran para pemuda jaman dulu sampai sekarang adalah sama ingin bangsa dan Negara kita maju bermatabat dan bisa bersaing dengan negara negara berkembang dan maju di Asia dan Dunia. Semoga semangat para pemuda tetap bergelora dari masa ke masa dari jaman ke jaman. Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda,Pemuda Hebat Negara Kuat. 
 Demikian yang bisa penulis berikan semaga bermanfaat bagi kita dan orang lain. Kurang lebihnya penulis mohon maaf. 
 TERUS BELAJAR, BERKARYA dan BERBAGI. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fenomena,MUDIK,MACET tapi ASYIK

SIAP BERADAPTASI SITUASI KEHIDUPAN NEW NORMAL/KEBARUAN.

KESATRIA TNI AU DI ATAS LANGIT PANDANWANGI